Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan komputer bagi kehidupan manusia sangat banyak sekali sehingga dengan adanya jaringan komputer sangat memudahkan pekerjaan manusia. Sesuai dengan pengertian jaringan komputer yaitu menghubungkan antara dua komputer atau lebih melalui media transmisi. maka jaringan komputer mempunyai manfaat sebagai berikut:
  1. Resource sharing, dimana dengan jaringan komputer user dapat menggunakan sumberdaya secara bersama-sama. Sumberdaya yang digunakan secara bersama bisa berupa program, perangkat keras maupun peripheral komputer yang sudah terhubung dengan jaringan komputer. Sebagai contoh manfaat jaringan komputer sebagai resource sharingan adalah pernggunaan printer secara bersama-sama, penggunaan program-program yang ditawarkan oleh komputer server dan penggunaan media penyimpanan secara bersama-sama sehingga pertukaran data antar komputer menjadi lebih cepat.
  2. Media komunikasi yaitu dengan adanya jaringan komputer memungkinkan pengguna komputer (user) dapat berkomunikasi jarak jauh dengan pengguna komputer lain. cakupan komunikasi bisa sampai antar kota, antar pulau maupun antar negara diseluruh dunia. Komunikasi bisa menggunakan text, suara maupun gambar.
  3. Integrasi data, yaitu dengan jaringan komputer memungkinkan user dapat menggunakan data secara bersama-sama sehingga untuk dapat update informasi dapat dilakukan melalui jarak jauh. Dengan adanya jaringan komputer ini memudahkan pemakai untuk mengolah dan meperoleh informasi dengan cepat. Sebagai contoh yaitu program database yang bersifat client server.
  4. Hiburan, yaitu dengan jaringan komputer bisa digunakan sebagai fasilitas dan media untuk hiburan bagi manusia. Dengan adanya jaringan komputer user dapat chatting dengan pengguna komputer dari jarak jauh dan bisa digunakan untuk game online.
  5. Hemat uang dan biaya, yaitu dengan adanya jaringan komputer perangkat atau data yang dapat digunakan secara bersama-sama dapat menghemat anggaran atau biaya untuk pembelian perangkat baru dengan fungsi yang sama.

Dengan adanya jaringan komputer sangat memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia, update informasi dapat dilakukan lebih cepat. Demikian artikel tentang manfaat jaringan komputer dan semoga artikel ini bisa bermanfaat ......
Manfaat Jaringan Komputer Manfaat Jaringan Komputer Reviewed by Unknown on 5:36 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.