Cara Mengatasi komputer lambat / PC lambat

Permasalahan pada komputer memang sering kita alami seperti komputer menjadi lambat, lemot atau not responding pada saat menjalankan program dan lain sebagainya. Sebagai pengguna komputer kita harus tahu setiap permasalahan yang ada pada komputer kita. Komputer yang sehat dengan kecepatan akses yang sangat cepat menjadi idaman semua pengguna komputer. Untuk itu pada kesempatan kali saya akan berbagi berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri tentang penyebab komputer yang lambat dan cara mengatasinya.


1. Komputer lambat karena banyak program yang terinstal pada komputer.
Kadang seseorang menginstall program-program yang banyak tanpa tanpa memperdulikan kemampuan komputernya sehingga menyebabkan komputer menjadi sangat lambat pada saat dijalankan. Kadang saya juga pernah menjumpai seseorang menginstall program yang mempunyai fungsi yang sama dengan program yang lain, yang mengakibatkan terlalu banyaknya program yang terinstall tanpa guna. contohnya: sudah ada mozilla tetapi masih saja menginstall google chrome dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengurangi program-program yang tidak terpakai atau jarang kita pakai. Langkahnya kita masuk ke menu control panel kemudian pilih uninstall program dan uninstall program yang tidak atau jarang kita gunakan.

2. Komputer lambat karena kurangnya memori RAM
Komputer yang lambat biasanya dikarenakan sedikitnya kapasitas memori RAM yang ada pada komputer kita. Untuk itu kita harus mengetahui kapasitas komputer kita sebelum menginstall program-program yang akan digunakan. jika anda mendapati kapasitas komputer yang sedikit maka upgrade atau tambahkan RAM pada komputer anda. Saya sarankan minimal kapasitas RAM menjadi 1 GB untuk lebih efisiennya.

3. Komputer lambat karena penuhnya temporary file
Jika komputer anda sangat lambat padahal program yang diinstall sangat sedikit coba cek temporary file anda, kemudian hapus semua file temporary agar tidak membebani kerja komputer anda. Langkahnya  dengan masuk ke menu run dan ketikan %temp% kemudian tekan enter.

4. Komputer lambat karena permasalahan hardisk.
Hardisk adalah media penyimpanan data dan program pada komputer, jika hardisk mengalami masalah maka komputer akan menjadi sangat lambat. Permasalahan hardisk biasanya dikarenaan penuhnya data yang tersimpan sehingga low space, bad sector dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah tersebut  anda bisa mendefrag hardisk dan mengurangi data atau menghapus data yang tidak terpakai sehingga hardisk tidak penuh.

5.  Komputer lambat karena terkena virus
Jika komputer sering terkena virus maka lakukan update antivirus anda secara berkala sehingga pembaruan database pada antivirus dapat mendeteksi dan memblokir virus yang akan masuk ke komputer kita.

6. Spesifikasi komputer anda yang sudah tua / jadul
Pada jaman sekarang ini jika anda masih menggunakan komputer dengan prosessor pentium 4 kebawah, maka anda perlu mengupgrade komputer anda agar sesuai dengan yang diinginkan. Saya sarankan minimal prosessor dengan dual core dengan RAM 1 GB agar bisa lancar, karena semua program terbaru membutuhkan ruang memori dan kapasitas yang besar.

Itulah sedikit cara untuk mengatasi komputer yang lambat atau lemot, semoga artikel ini bisa bermanfaat... jika anda mempunyai pengalaman pribadi tentang penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya anda bisa berbagi agar bisa membantu saya dalam mengembangkan tulisan ini. terima kasih .....
Cara Mengatasi komputer lambat / PC lambat Cara Mengatasi komputer lambat / PC lambat Reviewed by Unknown on 3:59 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.