Pengertian dan Fungsi Komputer

Komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data-data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan oleh program. Komputer berasal dari kata "computare" yang berarti menghitung sehingga komputer juga bisa diartikan sebagai mesin hitung tanpa alat bantu. Komputer secara unum pernah dipergunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu. Sistem kerja komputer yaitu menerima perintah dari user (input) kemudian memproses data ke dalam peralatan proses selanjutnya dikeluarkan ke dalam bentuk informasi (output). Sedangkan fungsi komputer adalah sebagai alat komunikasi dan informasi yang mampu mengolah data dan kemudian menyimpannya.


Definisi komputer menurut beberapa para ahli:
  1. Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan didalam memorinya, dan kemudian menghasilkan output atau keluaran berupa informasi - McGraw-Hill, 2001
  2. Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang telah dirancang dan diorganisasikansupaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input atau masukan kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah suatu pengawasan langkah-langkah, intruksi-intruksi program yang tersimpan di memori (stored program) - Donlad H. Sanders.
  3. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: (1) Menerima masukan, (2) Memproses input tersebut sesuai programnya, (3)  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, (4) Menyediakan output atau keluaran dalam bentuk informasi - Robert H. Blissmer
Dari hasil penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerima masukan, memproses data sesuai dengan program dan menghasilkan sebuah keluaran atau output berupa informasi.

Semoga artikel sederhana tentang Pengertian dan fungsi komputer ini bisa bermanfaat ....
Pengertian dan Fungsi Komputer Pengertian dan Fungsi Komputer Reviewed by Unknown on 4:08 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.