Pengertian dan Fungsi CD / DVD ROM komputer

Pengertian CD/DVD ROM komputer
CD/DVD ROM merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membaca data dari CD/DVD dan memburning data ke dalam CD/DVD. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.

Fungsi CD/DVD ROM komputer
CD/DVD ROM berfungsi untuk membaca data dan menulis data ke dalam CD. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.
 Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW
1. CD R
Merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.

2. CD RW
Merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen ). Sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.

3. DVD R
Sama halnya dengan CD R, tetapi DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,6Gb.

4. DVD RW
Merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya.
Pengertian dan Fungsi CD / DVD ROM komputer Pengertian dan Fungsi CD / DVD ROM komputer Reviewed by Unknown on 5:01 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.