Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory) Komputer

Pengertian RAM (Random Acces Memory) Komputer
RAM (Random Acces Memory) Komputer merupakan perangkat keras komputer bertugas sebagai memori tempat penyimpanan data sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random sehingga ketika komputer dimatikan maka data tersebut juga akan terhapus.

Fungsi RAM (Random Acces Memory) Komputer
Fungsi dari Ram adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara selain itu RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka komputer akan semakin cepat dalam prosesnya. Kerja RAM dapat dilihat di task manager di dalam system komputer.
Bagian - bagian RAM (Random Acces Memory) Komputer
1. Printed Circuit Board (PCB)
Warna yang ada di papan PCB ini biasanya berwarna hijau. Tempat beberapa komponen chip memori terpasang. Susunan beberapa lapisan (layer) yaitu di PCB ini sendiri. Di setiap lapisan terpasang sirkuit atau jalur, sebagai pengaliran listrik dan data. Secara materi, semakin banyak jumlah layer yang digunakan oleh PCB memory, maka akan semakin luas penampang yang tersedia dalam perancangan jalur. Semua ini dapat memungkinkan lebar jalur dan jarak antar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, serta menghindari adanya noise interferensi antarjalur pada PCB. Dan dilihat dari keseluruhan akan membuat modul memori tersebut mengalami kestabilan dan kecepatan kinerjanya.

2. Contact Point
Bagian yang menghubungkan informasi antara motherboard ke modul memori adalah bagian ini. Sering disebut juga contact finger, edge connector, atau lead. Biasanya konektor ini dibuat dari emas atau tembaga. Karena emas memiliki konduktifitas yang lebih baik, tetapi konsekuensinya dengan harga yang lumayan mahal. Dua logam yang berbeda, serta dengan aliran listrik saat komputer dioperasikan kemungkinan akan terjadi reaksi korosif.

3. DRAM (Dynamic Random Access memory)
DRAM berasal dari beberapa komponen dengan bentuk kotak-kotak yang berwarna hitam lalu dipasangkan pada PCB. DRAM hanya menampung data dalam jangka waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik.

4. Chip Packaging
Merupakan lapisan luar untuk membentuk fisik dari masing-masing memory chip. Khusus pada modul memory DDR yang paling sering digunakan yaitu TSOP (Thin Small Outline Package).

5. Dual In-Line Package (DIP)
Bagian chip yang satu ini hanya digunakan saat memori terinstal langsung pada PCB motherboard. Terpasang pada PCB melewati lubang-lubang yang tersedia untuk kai/pinnya, itulah sebanya DIP termasuk golongan komponen through-hole.

6. TSOP (Thin Small Outline Package)
Bagian ini termasuk dalam komponen surfacemount. Bentuk dan ukuran fisiknya yang sangat tipis dan kecil tidak sesuai dengan namanya.

7. CSP (Chip Scale Package)
Apabila bagian komponen yang diatas menggunakan kaki/pin sebagai penghubung BGA (Ball Grid Array) yang tempatnya di bawah komponen.

JENIS-JENIS RAM (Random Acces Memory) Komputer

  • RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
  • EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory) Komputer Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory) Komputer Reviewed by Unknown on 9:28 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.