Tips Merawat Laptop yang baik

Laptop adalah perangkat yang banyak digunakan oleh seseorang untuk bekerja pada zaman sekarang ini, laptop mampu menggantikan kerja komputer desktop karena laptop sangat mudah untuk gunakan dan mudah dibawa kemana-mana sehingga jika seseorang ingin presentasi dari hasil kerja maka sangat mudah menggunakan laptop. Dengan harga laptop yang berkisar antara 2 juta sampai dengan 10 juta sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan menghasuskan kita untuk selalu merawat laptop probadi kita agar tidak cepat rusak. Pada kesempatan ini saya akan berbagi bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tahan lama.


Merawat laptop bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu perawatan dengan software dan perawatan secara fisik. perawatan secara software bisa meliputi meningkatkan kualitas security dan pemakaian komputer untuk program yang tidak terlalu besar dan berat seperti game maupun yang program yang lain yang tidak sesuai dengan kemampuan dari laptop kita sedangkan perawatan secara fisik dapat kita lakukan dengan merawat komponen-komponen seperti battre dan perangkat lain agar tidak cepat rusak. Berikut adalah tips untuk merawat laptop yang baik:

1. Gunakan antivirus yang kuat dan update setiap hari agar database dari antivirus tersebut diperbaharui sehingga mampu mendeteksi jenis virus yang baru. Saya menyarankan bisa menggunakan AVG antivirus atau Avira antivirus kemudian ditambah smadav agar laptop anda lebih aman dari virus.

2. Jangan menggunakan program yang terlalu besar dan berat jika laptop anda tidak mampu atau menjadi lambat saat menjalankannya. Contohnya memasang game yang besar dan memainkan setiap hari sehingga kinerja dari prosessor menjadi sangat berat dan cepat panas.

3. Matikan laptop jika tidak digunakan dan jangan melakukan sleep pada laptop pada saat anda dalam perjalanan karena jika anda tidak mematikan laptop dengan shutdown maka laptop (sleep) maka perangkat keras pada laptop tersebut masih bekerja sehingga jika ada goncangan maka akan mempengaruhi pada perangkat keras laptop anda. kadang awal dari kerusakan komputer menjadi lambat saat proses dan gampang hang.

4. Jangan Mengecas baterai laptop secara terus menerus tanpa dilepas meskipun sudah 100 %. karena itu akan merusak daripada baterai laptop anda, dan jangan sampai anda tidak mengecas baterai laptop anda jika kurang dari 10 %, karena jika kurang dari 10 % maka laptop tersebut akan mati secara otomatis dan akan mempengaruhi komponen baterai dan hardisk laptop anda.

5. Gunakan tas laptop yang standart dengan bantalan yang empuk untuk melindungi laptop agar jika pada saat terjatuh maka tidak terlalu keras benturan yan terjadi pada laptop anda.

6. Bersihkan laptop dari debu terlebih dibagian keyboard laptop anda untuk menghindari debu yang masuk kedalam laptop.

7. Lepas tas pelindung laptop anda saat anda menggunakan laptop anda, karena kebanyakan orang enggan melepas tas pelindung laptopnya sehingga menutupi lubang sirkulasi udara pada laptop yang menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Sekian Tutorial sederhana dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat ....
Tips Merawat Laptop yang baik Tips Merawat Laptop yang baik Reviewed by Unknown on 10:58 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.