Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang berfungsi sebagai media agar komputer dapat terhubung satu sama lain sehingga membentuk sebuah jaringan komputer. Perangkat keras jaringan komputer biasanya terdiri dari NIC atau Ethernet, Kabel, Router, Access Point, Modem, switch atau hub dan repeater. Setiap komponen pada jaringan komputer ini mempunyai fungsi dan peran masing-masing. Berikut adalah fungsi dari setiap komponen-komponen tersebut:

1. NIC ( Network Interface Card )
NIC ( Network Interface Card) atau biasa disebut dengan LAN Card adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan luar, jika menggunakan NIC maka biasanya jaringan tersebut menggunakan kabel sebagai media transmisinya. NIC sendiri mempunyai beberapa jenis sesuai degngan port dan konektor maupun kabel yang digunakan yaitu NIC dengan konektor BNC dan NIC yang menggunakan konektor RJ 45. Akan tetapi pada saat sekarang ini yang paling banyak digunakan adalah NIC dengan konektor RJ 45.

2. Kabel 
Kabel merupakan komponen yang sangat penting pada jaringan komputer, kabel ini berfungsi sebagai media transmisi pada jaringan. Macam kabel jaringan ada 3 yaitu: kabel coaxial, kabel UTP dan kabel Fiber optic. Setiap kabel mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing dan mempunyai por dan konektor yang berbeda-beda.
3. Router
Router merupakan komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan atau network yang berbeda. Biasanya digunakan untuk menghubungkan IP Address yang mempunyai Network ID yang berbeda atau IP address dengan kelas yang berbeda.
4. Switch dan Hub
Switch dan hub adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel dari komputer client, komputer server, odem dan perangkat jaringan yang lain yang mempunyai port yang sama. Switch dan hub mempunyai prinsip kerja yang sama akan tetapi switch lebihcerdas dibandingkan dengan hub karena dapat menganalisa paket data yang melewatinya.

5. Repeater
Repeater adalah komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang melaluinya. sehingga jika kita ingin menghubungkan 2 komputer dengan jarak yang sangat jauh maka kita harus menggunakan repeater untuk menguatkan sinyal agar data yang dikirim antar komputer bisa sampai ke alamat yang dituju.

6. Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator-demodulator yang berfungsi untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Pada umumnya modem digunakan untuk mendapatkan akses internet dari ISP (Internet Service Provider)
Demikian penjelasan mengenai perangkat keras jaringan komputer semoga artikel ini bisa bermanfaat ...

Perangkat Keras Jaringan Komputer Perangkat Keras Jaringan Komputer Reviewed by Unknown on 3:47 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.