Pengertian dan Fungsi Peralatan Output pada Komputer

Pengertian Peralatan Output Komputer
Peralatan Output pada komputer adalah merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. Output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar, suara dan video. Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami.

Komputer akan memproses informasi dari peralatan input komputer kemudian menampilkan hasil proses dalam bentuk informasi ke pengguna komputer (manusia). Peralatan output sendiri sangat penting karena akan memberikan informasi secara langsung ke pengguna. Perangkat output juga menjadi suatu keharusan dalam sistem komputer meskipun beberapa peralatan output komputer tersebut dalam kategori periperal komputer / perangkat tambahan.


Macam-macam dan fungsi peralatan output komputer
Berikut adalah macam-macam peralatan output pada komputer dan fungsinya:

1. Printer
Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

2. Monitor
Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

3. LCD Proyektor
LCD Proyektor mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.

4. Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.

Dari macam - macam dan fungsi perangkat output komputer tersebut dapat disimpulkan bahwa peralatan output sangat penting sekali karena setiap perangkat akan memberikan informasi langsung ke manusia. Sekian artikel sederhana tentang tutorial komputer semoga ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat ...

Pengertian dan Fungsi Peralatan Output pada Komputer Pengertian dan Fungsi Peralatan Output pada Komputer Reviewed by Unknown on 7:43 PM Rating: 5

9 comments:

  1. 2 jenis output itu appaaaaaaaaaa?

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  3. 2 jenis output yang mana gan? bisa dijelaskan pertanyaannya? senang bisa mmebantu

    ReplyDelete
  4. ojok dikiro isunnelongso riko tingal nyandeng wong liyo...

    ReplyDelete
  5. mohon di jelaskan kinerja dari masing-masing perangkat output tersebut

    ReplyDelete

Powered by Blogger.