Pengertian dan Fungsi Peralatan Input pada Komputer

Pengertian peralatan Input Komputer
Peralatan input pada komputer adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah keperalatan proses tanpa melalui peralatan yang lain. Peralatan input sendiri mempunyai banyak macamnya sesuai dengan fungsi dan kebutuhan dari masing-masing komputer. Perangkat input akan menerima perintah atau intruksi langsung dari pengguna kemudian peralatan input akan mengirimkanintruksi tersebut ke peralatan proses untuk diolah menjadi sebuah informasi.


Macam-macam dan fungsi peralatan input pada komputer
Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer:

1. Keyboard
Keyboard adalah komponen peralatan input pada komputer yang paling utama karena berfungsi untuk papan ketik yang terdiri dari tombol angka, huruf maupun symbol. Cara kerja keyboard sendiri adalah dengan cara memasukan secara langsung input data dengan mengetikan huruf, angka maupun symbol pada papan keyboard yang kemudian akan diproses oleh perarlatan proses sebelum ditampilkan ke peralatan output.
Keyboard memiliki beberapa jenis berdasarkan konektornya, yaitu:
  • Keyboard serial
  • Keyboard parallel
  • Keyboard USB
  • Keyboard wireless
2. Mouse
Mouse merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi menggerakkan pointer pada layar monitor. Mouse sangat diperlukan untuk sistem operasi yang berbasis grafik karena dapat memudahkan untuk mengoperasikan komputer. seperti halnya pada keyboard, mouse juga memiliki beberapa jenis berdasarkan konektor yang digunakan, yaitu:
  • Mouse serial
  • Mouse parallel
  • Mouse USB
  • Mouse Wireless
3. Joy Stick
Joy Stick merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk mendukung berbagai macam program permainan atau game pada komputer. 

4. Scanner
Scanner adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi seperti mesin fotocopi. Tetapi scanner dapat menampilkan hasil copi ke layar monitor sehingga dapat diedit terlebih dahulu sebelum dicetak. Scanner dapat mengcopi text, gambar maupun foto ke dalam bentuk file yang dapat disimpan di dalam media penyimpanan. Secanner mempunyai beberapa jenis, diantaranya:
  • Flatbed scanner
  • Handy scanner
  • Pen scanner
  • Print scan copy (PSC)
5. Microphone
Microphone merupakan peralatan input yang berfungsi untuk memasukan input data berupa suara. Microphone sendiri biasanya dihubungkan ke souncard.

Daari macam dan fungsi peralatan input komputer tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat input akan menerima masukan secara langsung dari pengguna kemudian peralatan input akan mengirimkan masukan/perintah tersebut ke perangkat proses untuk di olah menjadi informasi yang akan disampaikan ke pengguna komputer. Sekian artikel tentang pengertian, macam dan fungsi peralatan input pada komputer semoga artikel sederhana dari saya ini bisa bermanfaat dan bisa membantu ....terima kasih.





Pengertian dan Fungsi Peralatan Input pada Komputer Pengertian dan Fungsi Peralatan Input pada Komputer Reviewed by Unknown on 9:34 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.